Wednesday, August 27, 2008

LOTUS



terus membuat jantung berdetak kencang. Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan “kendaraan cepat” bertajuk Lotus Esprit, baru-baru ini perusahaan mobil asal negeri Ratu Elizabeth itu kembali mengeluarkan hasil karya terbarunya, Lotus new 2-Eleven. Itulah nama resmi yang disandang mobil dengan bobot 720 kilogram tersebut.

Kendaraan yang seluruh tubuhnya dilapisi karbon kevlar itu layak mendapat julukan mobil balap untuk di jalan. Mengapa? Lihat saja bentuknya. Mirip mobil Grand Prix yang didesain hanya untuk satu pengendara tanpa bingkai penutup dan jendela. Tapi, dengan sumbu roda 2.300 milimeter, mobil ini tetap lincah dibawa bepergian di jalanan.

Tentu saja, sebagai mobil balap (meski untuk di jalan), kendaraan ini punya kemampuan berlari yang tidak bisa diremehkan. Seberapa cepat? Ada dua versi yang bisa dinikmati.

Untuk Lotus new 2-Eleven dengan mesin supercharged 255 PS, tenaga yang dihasilkan dapur pacu bisa mencapai 252 bhp. Bingung apa maksudnya? Arti mudahnya seperti ini. Ketika digeber dari kecepatan nol hingga 100 kilometer per jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3,8 detik.

Jika mesin terus digeber, top speed yang bisa dicapai adalah 240 kilometer per jam. Ingin menikmati versi yang ini? Anda harus mengucurkan dana 49.573 euro (setara Rp 699 juta).

Seri kedua, yaitu Lotus new 2-Eleven dengan tipe dapur pacu 190 PS, memang sedikit lebih lambat. Tapi, lambat di sini tetap terasa cepat jika dibandingkan dengan kendaraan roda empat kebanyakan. Butuh waktu sekitar 4,3 detik untuk melaju pesat dari 0-100 kilometer per jam. Kecepatan maksimum kendaraan seharga 34.695 euro (sekitarRp 489 juta) ini adalah 225 km per jam.

Anda bukan pencinta warna hijau kekuningan? Tenang, selain yang terpampang pada foto di halaman ini, Lotus new 2-Eleven tersedia dalam warna red scorpion, orange bobcat, metallic, dan premium. “Dalam waktu dekat, (mobil) ini akan tersebar di seluruh dunia dan jadi pemimpin di kelas mobil sports racing,” ujar Mike Kimberley, CEO of Group Lotus plc.
posted by WIRRO at 1:09 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home