Wednesday, August 27, 2008

Helm... Helm... Standar




Keamanan Berkendara
Sebagai pengguna jalan anda diharuskan untuk selalu menjaga keselamatan dalam berkendara. Keselamatan diri anda berarti keselamatan juga buat orang disekitar anda.

Khususnya untuk pengendara sepeda motor, helm adalah perangkat wajib untuk menunjang keselamatan anda. Pelindung kepala ini amat sangat disarankan untuk anda, sampai-sampai pemerintah membuat peraturan tentang penggunaan helm dengan standar keamanan.

Helm sebagai alat penunjang keselamatan harus memiliki standar khusus. Pabrikan helm dunia terus menerus membuat riset bagaimana cara membuat helm yang paling aman untuk melindungi pengendara motor. Helm yang baik adalah helm yang memenuhi standar DOT (departement of transportation) atau lebih dikenal dengan nama SNI (standar nasional indonesia).

Adapun Kriteria Standar Helmet adalah sebagai berikut :
1. Bahan pembuat helmet harus kuat dan tahan terhadap benturan. Adapun jenis bahan yang masuk dalam kriteria kuat adalah campuran plastik, fiber glass, fiber carbon. Untuk jenis bahan yang terakhir fiber carbon adalah jenis bahan yang paling kuat saat ini. Biasanya helm yang telah menggunakan bahan carbon fiber memiliki harga yang cukup mahal berkisar diatas 4 jt. Kebanyakan helm jenis carbon fiber dipilih sebagai helm balap karena memiliki tingkat keselamatan yang tinggi

2. Bagian dalam helm memiliki foam khusus yang mampu meredam benturan bila terjadi kecelakaan. Foam juga dilapis oleh kain yang dapat menyerap keringat. Bahan tersebut terasa lembut dikulit dan terasa nyaman bila digunakan.

3. Bagian dalam helmet memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kulit muka anda nyaman pada saat menggunakan helm meskipun berjam-jam. Bayangkan bila anda harus touring jakarta - bali, minimal anda mengenakan helm selama 3-4jam kemudian beristirahat, dan melanjutkan perjalanan kembali.

4. Sebagai pengguna helmet anda harus pandai memilih helmet, pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala anda, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sesak. Sesuaikan juga dengan kendaraan yang anda bawa, bila anda menggunakan helm khusus untuk motocross sebaiknya jangan digunakan untuk dijalan raya.

Sekarang ini helm bukan saja berfungsi sebagai pelindung kepala, tapi juga untuk bergaya. Banyak helmet dengan motif yang keren dan trendy. Pabrikan Helmet membuat grafis yang menarik sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Sebagian orang melakukan airbrush pada helm mereka dengan motif-motif seperti kartun, superheroes, sampai mencontoh replika helm pembalap kesayangan mereka misalnya valentino rosi.

Helm motocross memiliki design yang sedikit berbeda dibandingkan dengan helm yang digunakan dijalan raya. Helm ini tidak memiliki penutup kaca, melainkan menggunakan kacamata yang dibuat khusus untuk helm tersebut.

Agar tetap nyaman digunakan helm juga perlu perawatan, misalnya anda dapat menjemur bagian dalam helm selama kurang lebih 2jam agar kuman mati dan busa kembali mengembang. Pada helm biasanya ada bagian yang dinamakan padding, dan ini dapat dilepas untuk dicuci kemudian dijemur. Periksa selalu kaca helm. Kaca Helm yang sudah terlalu banyak goresan dapat membahayakan bila anda berkendara dimalam hari, sinar lampu dari mobil atau motor lain akan pecah dan menyulitkan pemandangan.
posted by WIRRO at 1:59 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home