Wednesday, August 27, 2008

Cara Hilangkan Bau Asap Rokok

Asap rokok...selalu menjadi masalah, tidak hanya bagi orang yang tidak merokok tapi juga bagi perokok itu sendiri. Entah itu alergi, noda maupun bau yang ditinggalkan dari asap rokok tersebut. Apalagi ketika merokok dalam mobil yang ruangannya terbatas, tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan si perokok maupun para penumpang dalam mobil tersebut. Cara paling mudah untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan menggunakan wewangian baik yang disemprot maupun digantung pada lubang angin mobil, namun hal itu hanya menutupi bau rokok dengan aroma baru yang terkadang membuat alergi. Nah berikut ada beberapa cara lain yang bisa dicoba dan dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau rokok dalam mobil pribadi anda :


1. Cuka yang biasa digunakan untuk memasak, ternyata dapat menghilangkan bau rokok. Tuangkan cuka dalam sebuah wadah kemudian diamkan kurang lebih semalaman dalam mobil. Keesokan harinya, bau rokok pasti sudah berkurang.

2. Kulit jeruk juga ampuh untuk menghilangkan bau rokok, cukup tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil kita dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang. Bau pasti telah berkurang bahkan hilang.

3. Baking soda, yang ini mungkin sudah sering digunakan. Yap, bahan yang satu ini memang dapat menghilangkan berbagai macam bau dikarenakan sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Sebarkan secara merata pada daerah dalam mobil yang terasa paling menyengat bau rokoknya dan tinggalkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner sampai bersih. Sebelum menyebar baking soda, coba tuangkan sedikit pada permukaan yang akan disebar untuk memastikan tidak ada efek yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam baking soda.

4. Bagi yang suka minum kopi, bubuk kopi ternyata memiliki kemampuan menyerap bau yang baik. Jangan menyebar bubuk kopi secara langsung, karena dapat meninggalkan noda. Tetapi masukkan bubuk kopi dalam kantung kecil seperti teh celup kemudian gantungkn pada tempat yang berbau asap rokok.

5. Ketika mobil tidak sedang digunakan, buka pintu dan jendela selebar mungkin selama beberapa lama agar sirkulasi pergantian udara dalam mobil lancar dan mendapat sinar matahari.

6. Arang ternyata juga dapat menghilangkan bau rokok, cukup letakkan beberapa potong dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.

7. Anda juga dapat menggunakan produk air purifier yang sekarang banyak terdapat di pasaran dengan berbagai macam jenis untuk menetralkan aroma dalam mobil anda (cocok nih buat yang alergi dengan wewangian).

8. Bila bau rokok masih belum juga hilang, bersihkan secara keseluruhan bagian dalam mobil karena asap rokok biasa meninggalkan residu/zat sisa pada permukaan interior mobil yang apabila terkena panas dapat menimbulkan bau. Jangan lupa bersihkan pula AC dan saluran udara. Sebelum membersihkan, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bau rokok sebersih mungkin dari semua bagian dalam interior mobil seperti karpet, jok, headrest dan lain-lain.
(abt)
posted by WIRRO at 2:54 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home